Sabtu, November 17, 2012

Cobaan Ada 2 Jenis

Cobaan itu ada dua jenis yaitu cobaan musibah dan cobaan kenikmatan.


Cobaan musibah adalah cobaan dari Allah SWT untuk menguji seberapa taat dan ikhlas kita untuk menerima cobaan tersebut.

Dan cobaan musibah bisa berupa musibah alam, kerabat saudara meninggalkan dunia ini, memperoleh celaka dan lain sebagainya.



Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (QS. Al-Baqarah : 155)
(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun". (QS. Al-Baqarah : 156)

Dan sedangkan cobaan kenikmatan adalah cobaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita untuk menguji seberapa bersyukurnya kita dan apakah kita masih mengingat Allah SWT saat kita berada dalam kenikmatan berkecukupan dunia fana ini.

Kemudian salah satu contoh dari cobaan kenikmatan adalah, saat kita berada dalam negara Indonesia ini yang belum ada perang fisik.
Apakah kita pernah memikirkan saudara-saudara kita umat muslim di negara lain, di negara yang terzholimi, di negara tempat mereka berasal dan diusir mereka dari sana ?
Mereka membutuhkan do'a kita saudara-saudara umat muslim, untuk menguatkan iman mereka pejuang-pejuang muslim yang terzholimi. Bukan membutuhkan bom-bom yang meledak di negara Indonesia yang juga menewaskan umat muslam Indonesia.
Itu juga pun cobaan kenikmatan kita sebagai penduduk Indonesia seberapa ingatkah kita pada Allah SWT pada cobaan nikmat ini, seberapa bersyukukah kita kepada Allah SWT.


0 comments:

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template